Senin, 08 Oktober 2012

PERPUSTAKAAN


Berbagai Jenis Perpustakaan &Fungsinya

 

Setiap perpustakaan didirikan dengan tujuan tertentu dan dilandasi oleh visi-misi yang tertentu pula. Oleh karenanya, setiap perpustakaan mempunyai anggota yang berbeda, dilakukan dengan sistem organisasi yang berbeda, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berbeda pula. Itulah yang menyebabkan timbulnya berbagai jenis perpustakaan dengan fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Perpustakaan

Perpustakaan Nasional

Perpustakaan nasional didirikan dalam suatu negara untuk menyimpan semua bahan putaka yang diterbitkan dalam suatu negara. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didirikan berdasarkan keputusan Presiden RI No.11 Tahun 1989. Perpustakaan Nasional RI adalah lembaga Pemerintah Non-Departemen yang berkedudukan dibawah dan tanggung jawab langsung kepada presiden.

 

Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum didirikan untuk melayani semua anggota masyarakat yang memerlukan jasa informasi dan perpustakaan. Perpustakaan umum bersifat terbuka untuk umum, dibiayai dengan dana dari masyarakat umum dan memberikan jasa pelayanan yang bersifat cuma-cuma. Pepustakaan umum memegang peranan penting dalam usaha pembinaan kecerdasan bangsa.

 

Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus adalah perpustakan yang mengkhususkan diri dalam subjek koleksi bidang tertentu saja. Misalnya bidang hukum, bidang musik, bidang teologi dan sebagainya.

 

Prpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang melayani siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu. Perpustakaan sekoah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah, yaitu pendidikan dan pengajaran seperti digariskan dalam kurikulum sekolah.

 

Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan perguruan tinggi adalah pperpustakaan yang melayani para mahasiswa, dosen dan karyawan suatu perguruan tinggi tertentu. Perpustakaan perguruan tinggi didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan perguruan tinggi yang bersangkutan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Perpustakaan Kelembagaan

Perpustakaan kelembagaan adalah perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oeh lembaga-lembaga atau organisasi tertentu, misalnya perpustakaan masjid, perpustakaan gereja, perpustakaan bank. Perpustakaan jenis ini mempunyi tugas dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan lembaga yang bersangkutan.

 

Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan pribadi adalah perpus yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan dan keluarga. Dikembangkan sesuai dengan minat, latar belakang pendidikan, hobi selera dan kebutuhan pemiliknya.

 Sumber: buku pengelolaan perpustakaan, editor F. Rahayu Ningsih

2 komentar: